Jumat, 17 November 2017

Renungan Pagi 18 November 2017


Renungan Pagi “SESUATU yang LEBIH BAIK

 18  November  2017

“Ia  Tidak Ada Di Sini”

“Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea? (Lukas 24:6).

Tulisan di batu nisan dapat mengungkapkan sesuatu – terutama tentang kesuksesan. Salah satu contoh adalah negarawan muda Amerika yaitu Thomas Jefferson, meninggalkan kata-kata yang membanggakan terukir di granit pada makamnya di Montecello: “Di sini dimakamkan Thomas Jefferson, penulis Deklarasi Kemerdekaan Amerika, Undang-undang Virginia untuk kebebasan beragama dan pendiri Universitas  Virginia.” Yang lainnya adalah batu nisan dari pembawa acara televise Merv Griffin: “Saya tidak akan kembali setelah pesan ini.”

Tulisan di batu nisan dirancang oleh orang lain (keluarga dan teman-teman) untuk mengingat mereka yang telah meninggal dunia dengan cara khusus dapat mengungkapkan pengalaman hidup dari seseorang. Itulah yang saya baca beberapa waktu yang lalu pada pemakaman tentara AS pada Perang Dunia II di Guadalcanal yang dihiasi dengan  tanda-tanda kehormatan. Ada, baris demi baris dari piring mutiara menandai kuburan tentara Amerika yang memberikan hidup mereka di negeri yang jauh memperjuangkan kebebasan. Ada berapa batu nisan yang berbeda, tapi satu yang menarik perhatian saya untuk membacanya:

“Di sinilah letak tentara Allah Simson,
Dia hidup sebentar,
Dia bertempur dengan gagah berani,
Dia memberikan sepenuhnya,
Apa lagi yang seorang pria baik dapat lakukan?”

Apakah mungkin murid-murid yang berdukacita dapat menulis kata-kata di batu nisan Yesus? Mungkin kata-katanya seperti ini: “Di sini terletak Seorang Gembala yang Baik – Seorang yang sangat banyak membuat keajaiban, Duta Besar dari kehidupan yang lebih baik.” Keterangan itu pasti benar apabila Dia ada di dalam kubur, tapi Dia tidak ada di dalam kubur. Karena Dia telah bangkit! Budha, Konfusius, Zoroaster, Muhamad, dan semua pendiri golongan agama masih beristirahat di tempat tidur yang berdebu. Kerangka berongga mereka tetap di tempat penguburan mereka ditandai dengan kata-kata yang bersinar prestasi. Tidaklah demikian dengan Yesus. Di atas tempat Ia dibaringkan, bersinar tulisan sederhana: “Dia tidak ada di sini!” Tidak, Dia tidak ada di makam yang gelap – Dia telah bangkit. Tapi karya-Nya terus bagi kita dalam kemuliaan dan melalui kita yang masih tinggal di bumi. Artinya bahwa Dia memang “di sini” di dalam kita. Dan betapa pekerjaan-Nya di dunia ini harus dilanjutkan.

1 komentar: