Rabu, 27 September 2017

Renungan Pagi 28 September 2017

Renungan Pagi “SESUATU yang LEBIH BAIK

28  September  2017

Prioritas Terdekat

“Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman” (Mazmur 19:7).

Selain prinsip utama atau prinsip perilaku yang disediakan oleh Alkitab, kita juga dapat menemukan Sesutu dalam kekayaan praktis atau aturan hidup setiap hari. Nasihat yang paling berkesan dari Salomo adalah: Hai pemalas pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak” (Amsal 6:6 ); ”tidurlah sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring’ - maka datanglah kemiskinan kepadamu seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata (Amsal 6: 10, 11); “hati yang gembira adalah obat yang manjur , tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang  (Amsal 17 : 22) ; dan “ anggur adalah pencemooh , minuman keras adalah  peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya” (Amsal 20:1).

Di antara aturan hidup praktis Paulus, yang lebih berkesan adalah: “Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi” (Efesus 4:28); “Ujilah segala sesuatu” (1 Tesalonika 5:21); “Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat” (Roma 12:10); dan “Janganlah kamu saling merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya” (2 Korintus 6:14).

Tulisan Ellen g. White yang dianggap tidak lebih tinggi dari Alkitab adalah tambang emas dari berbagai nasihat penting. Di antaranya: (1) dalam banyak hal, dua kali makan sehari lebih baik daripada tiga kali; (2) makan daging adalah tidak baik untuk tubuh dan pikiran; (3) menjaga kesucian hari Sabat dengan baik; (4) rumah kita harus dipenuhi dengan keceriaan dan pujian; dan (5) orangtua tidak boleh membantah atau tidak setuju dengan kehadiran anak-anak mereka.

Zaman telah berubah secara drastis baik zaman Alkitab maupun zaman Ellen g. White. Tetapi sifat dasar manusia tidak berubah. Para dewa dunia ini memiliki nama dan wajah yang berbeda, meskipun selalu ada pencobaan “keinginan daging,” “keinginan mata,” dan “keangkuhan hidup” (1 Yohanes 2:16).

Terima kasih kepada Tuhan yang telah memberikan kita tidak hanya pedoman perilaku umum yang mutlak, tetapi juga kaya dengan pedoman secara praktis atau yang mudah dilaksanakan. Mereka yang mengambil waktu untuk mendengar dan menurut pada akhirnya sepakat dengan pemazmur itu: “lebih indah dari pada emas, bahkan dari pada banyak emas tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dan sarang lebah. Lagipula hamba-Mu diperingatkan oleh semuanya itu, dan orang yang berpegang padanya mendapat upah yang besar” (Mazmur 19:11-12).


0 komentar:

Posting Komentar